Layanan Jaringan Wan

Ada banyak penerapan Teknologi WAN oleh ISP Jasa layanan koneksi WAN yaitu sebagai berikut:

PSTN
   Adalah Public Switchead Telephone Network, merupakan teknologi tertua dan dipakai secara luas diseluruh dunia dalam komunukasi WAN.Teknologi ini berbasi dial up atau liased line menggunakan line telephone dimana data dari digital diubah menjadi data analog oleh modem dan kemudian data tersebut menjelajah dengan kecepatan terbatas kbps saja.

Leased Line
     Adalh jenis dedicated dari teknlogi jaringan WAN mengunakan suatu koneksi langsung yg bersifat permanen antara piranti yg berkomunikasi dan memberikan suatu koneksi konstan dengan kualitas layanan koneksi.

X.25
    Adalah suatu teknologi jaringan WAN Packet Switching melalui jaringan PSTN. X.25 dibangun dengan merujuk pada layer data link dan physical layer pada referensi.

Model osi awalnya X.25 menggunakan line analog untuk membentuk jaringan paket switchead, walaupun X.25 bisa dibentuk menggunakan jaringan digital.koneksi antara DTE dan DCE di setup dan pemeliharaan dalam Public Data Network.

  • Anda perlu berlangganan layanan X.25 yg bisa menggunakan line dedicated kepada PDN untuk membentuk koneksi WAN.
  • X.25 bisa beroperasi pada kecepatan sampai 64 kbps pada line analog.
X.25 menggunakan frame sebagai ukuran variable paket

Frame Relay
   Frame relay telah dibahas panjang lebar secara terpisah ,artikel yg termasuk juga jaringan frame relay dan juga koneksi frame relay

ISDN
   secara rinci juga dibahas terpisah,lihat jaringan ISDN BRI maupun jaringan ISDN PRI.Methoda Encapsulation jaringan WAN.


Comments